PERFILMAN INDONESIA BANGKIT DARI KUBUR

00.25 / Diposting oleh BLOG KITA TENTANG PERFILMAN INDONESIA /


Perfilman Indonesia Bangkit Dari Kubur
Diposting dalam Umum 21 October 2007
Setelah mati suri, kini perfilman Indonesia telah bangkit dari kuburnya, banyak sekali film-film baru yang diproduksi oleh insan perfilman Indonesia, indikator sederhana adalah di Studio 21 Citos, minggu ini saya lihat ke-4 studionya itu menayangkan film Indonesia semuanya, ironisnya 3 dari 4 Film Indonesia adalah Film Horor atau Film Hantu atau Film Setan. yaitu:
Sundel Bolong, Kuntilanak 2 dan Pocong 3. Sedangkan sisanya adalah Film Drama Komedi yaitu Get Married. Bukan hanya itu saja, sebelumnya juga banyak sekali film horor Indonesia yang mendominasi industri perfilman tanah air. Dari mulai Jelangkung, Suster Ngesot, Bangsal 13, Lantai 13, sampai yang bakal tayang nanti yaitu Suster N yang dibintangi oleh Dominique Sanda. Ternyata Perfilman Indonesia benar-benar Bangkit Dari Kuburnya sampai-sampai semua film Indonesia itu adalah Film yang ceritanya tentang Kuburan, yaitu setan dan hantu.
Film-Film yang ditayangkan di Studio 21 CITOS

Fenomena ini tidak terlepas dari tujuan komersil sang Produser. Karena membuat film horor tidak perlu berfikir yang susah-susah, ide cerita sudah ada dan beredar di masyarakat yang bersumber dari mitos-mitos (walaupun sebelumnya mereka juga survey tentang mitos itu), membuatnya bisa cepat, tidak seperti film sejarah zaman dulu yang harus memakan banyak waktu dan biaya yang lebih besar, dan produser dan sutradara akan senang kalau kita merasa ketakutan setelah menonton film mereka, meskipun terkadang kita bukan takut, tapi kita kaget. Kaya film Pocong, yang bisanya membuat kaget saja. Jadi yang penting penonton teriak saja, itu berarti sudah berhasil film horornya, tidak ada unsur edukasi dan pesan moral yang disampaikan oleh film itu.
Fenomena ini juga akan tetap terus berlangsung selama pasar masih mempunyai minat untuk ditakut-takuti dan dikagetkan oleh film horor. Ya selama masih banyak yang nonton film horor ya selama itu juga film horor akan terus-terusan diproduksi. Produser hanya memikirkan kepentingan pribadinya, tanpa memikirkan dampak umum dari banyaknya film horor yang terus-terusan diproduksi.
Tujuan utama membangkitkan Industri Perfilman Indonesia yang mati suri memang berhasil sama seperti keberhasilan membangkitkan rasa takut para penontonnya terhadap setan/hantu bukan kepada TUHAN.
Tapi.. sebentar lagi akan ada film Indonesia baru yang berjudul FILM HOROR, dari judulnya pertama sih sudah bete, lagi-lagi film horor, eh ternyata FILM HOROR ini adalah film komedi, bukan film hantu. Jadi bisa dibilang Scary Movie versi Indonesia lah, walaupun kayaknya kita ngejiplak aja gitu, tapi lumayanlah untuk anti virus setelah kebanyakan nonton film serem, biar gak takut gitu sama hantu. hehehe… Tayangnya tanggal 29 November 2007, kita buktikan yah, apakah film-nya nora atau bagus?

0 komentar:

Posting Komentar